Langkah-langkah Membuat Mail Merge :
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan data yang berisi nama dan alamat di microsoft excel.
a. Buka microsoft excel
b. Buat Daftar nama dan alamat
Selanjutnya setelah anda menyiapkan data di ms excel adalah
membuat surat di microsoft word.
Isi surat sama namun nama dan alamat akan berbeda sesuai kepada siapa surat akan ditujukan, Oleh karena itu untuk nama dan untuk alamat kita akan ambil datanya dari microsoft excel dihubungkan dengan menggunakan fitur mail merge.
Setelah anda menyiapkan data nama undangan dan menyiapkan format suat, selanjutnya adalah menghubungkan surat di ms word dan data di microsoft excel menggunakan mail merge.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
a. Buka surat anda di microsoft word.
b. Pilih menu Mailing > mail merge > letters
c. Setelah itu Pilih menu Mailing > Select Recipients
>Use existing List
d. Kemudian pilih file excel yang berisi data nama undangan yang sudah anda siapkan sebelumnya, kemudian tekan open. Kemudian pilih Sheet1, karena kebetulan data sebelumnya yang saya buat di excel ada di sheet1, lalu OK.
e. Selanjutnya Arahkan kursor dan blok di bagian yang ingin diisi dengan data dari excel.
Sampai langkah di atas, proses mail merge menghubungkan surat di ms word dengan data excel sudah berhasil.
Jika proses di atas selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencetak surat undangan mail merge.

Komentar
Posting Komentar